Wednesday, November 20, 2013

Batik Banten

Batik Banten
Batik Banten adalah salah satu batik dari Indonesia yang juga tidak kalah bersaing dengan batik-batik dari daerah Pekalongan.

Bedanya dengan batik-batik lain adalah, batik Banten biasanya berwarna abu-abu lembut yang melambangkan kesederhanaan orang Banten. Selain itu, motif yang dijadikan batik dalam batik Banten biasanya adalah bangunan-bangunan daerah dari Banten yang akhirnya menjadi landasan dari 75 ragam hias batik Banten hasil rekonstruksi Arkeologi Nasional. 75 ragam hias ini berikutnya dikukuhkan oleh pemerintah propinsi melalui Surat Keputusan Gubernur Banten nomor : 420/SK-RH/III/2003 tanggal 12 Maret 2003.

Ragam hias tersebut tidak hanya direkonstruksi berdasarkan rumah adat khas Banten, tetapi juga banyak artefak atau peninggalan Banten yang direkonstruksi dalam ragam hias ini. Hal ini lah yang akhirnya dijadikan landasan inspirasi dalam pembuatan Batik Banten.
Berikut adalah 3 perbedaan Batik Banten dengan batik lain di Indonesia:
  1. Motif Batiknya, pola dasar ragam hias berasal dari benda sejarah purbakala yang disebut Artefak Terwengkal hasil ekskavasi Arkeolog tahun 1976 di Banten.
  2. Warnanya, apapun warnanya batik banten cenderung warna abu-abu soff menunjukan karakter wong Banten, ciri-ciri dari sifat warna abu-abu soff antara lain : Cita-citanya, idenya, kemauannya, dan tempramennya cenderung tinggi namun pembawaan selalu sederhana serta kalem/ ayu atau cantik warna batiknya (pernyataan : Launching Batik Banten deskripsi 7 Professor) pada kenyataan alam yang menunjang untuk daerah Banten dikarenakan Airnya, sehingga menjadi ciri khasnya Batik Banten, menjadi ikon dengan slogan : "bukan orang banten kalau tidak minum air banten".
  3. Filosofi (Artinya) Nama Motif dan motif batik saling berkaitan dengan sejarah Banten. Nama motif berasal dari "Toponim desa-desa kuna, nama gelar bangsawan / sultan dan tata nama ruang di Kesultanan Banten".

Berikut ini adalah macam-macam motif Batik Banten:

Dataluya
Motif Datulaya. Datulaya  dalah nama tempat tinggal Sultan Maulana Hasanuddin / tata ruang keluarga di Kesultanan Banten.







Kaibonan Motif Kaibon. Kaibonan adalah nama sebuah bangunan pagar yang mengelilingi Keraton Istana Banten.






Kapurban Motif Kapurban. Kapurban adalah nama gelar yang diberikan kepada Pangeran Purba dalam penyebaran Agama Islam.





Kawangsan Motif Kawangsan. Kawangsan adalah nama gelar yang diberikan kepada Pangeran Wangsa dalam penyebaran Agama lslam.






Kesatriaan Motif Kesatriaan. Kesatriaan adalah nama Sebuah perkampungan tempat belajar Agama dipesantren dilingkungan Kesultanan Banten.






Langenmaita Motif Langenmaita. Langenmaita adalah nama tempat berlabuhnya kebahagiaan dalam mengarungi samudra cinta dengan kapal pesiar / dermaga.






Mandalikan Motif Mandalikan. Mandalikan adalah nama gelar yang diberikan kepada Pangeran Aria Mandalika dalam penyebaran Agama lslam.






Memoloan Motif Memoloan. Memoloan adalah nama sebuah kontruksi bangunan atap menara mesjid dan pendopo Kesultanan Banten.





Pamaranggen Motif Pamaranggen. Pamaranggen adalah nama tempat dimana para Pengrajin Keris dan asesoris keris dilingkungan Kesultanan Banten.






Pancaniti Motif Pancaniti. Pancaniti adalah nama tempat / bangsal dimana Sultan Maulana Hasanuddin menyaksikan para prajuritnya berlatih dilapangan.






Panembahan Motif Panembahan. Panembahan adalah nama Gelar Sultan Hasanudin dalam penataan Negara pada kejayaan keraton Kesultanan Banten.





Panjunan Motif Panjunan. Panjunan adalah nama sebuah perkampungan tempat pengrajin gerabah dan keramik di wilayah Kesultanan Banten.






Pasepen Motif Pasepen. Pasepen adalah nama tempat tata ruang Istana tempat Sultan Maulana Hasanuddin melakukan meditasi di Kesultanan Banten.






Pasulaman Motif Pasulamam. Pasulaman adalah nama tempat dimana para Pengrajin sulaman dilingkungan Kesultanan Banten.





Pejantren Motif Pejantren. Pejantren adalah nama tempat dimana para pengrajin tenunan di wilayah Banten.






Sebakingking Motif Sebakingking. Sebakingking adalah nama gelar Panembahan Sultan Maulana Hasanuddin dalam penyebaran Agama lslam.





Singayaksa Motif Singayaksa. Singayaksa adalah nama sebuah tempat, Sultan Hasanuddin Solat lstiharah memohon petunjuk Allah dalam mendirikan Keraton.






Srimanganti Motif Srimanganti. Srimanganti adalah nama tempat dimana Selasar yang menghungkan pendopo Kesultanan Banten untuk Raja / sultan menanti.






Wamilahan Motif Wamilahan. Wamilahan adalah nama sebuah perkampungan tempat pengrajin pembelah bambu dan tikar dilingkungan Istana.





Surosowan Motif Surosowan. Surosowan adalah nama tataruang tempat Menghadap raja / sultan Kesultanan Banten.





 
Berikut ini ada lagi 75 ragam hias Batik Banten yang direkonstruksi oleh Arkeolog Nasional:




Sekian ulasan kami akan Batik Banten. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami!

-Salam Sprachklasse-

http://www.kotaserang.com/2013/08/batik-banten-seni-budaya-lokal-yang-mendunia.html
http://beckybek.wordpress.com/tag/batik/

No comments:

Post a Comment